5 Fakta Ular Kobra Terbesar Di Dunia

5 Fakta Ular Kobra Terbesar Di Dunia - Berbicara masalah ular kobra, tentu tidak lepas dari India yang sudah sangat dikenal sebagai negerinya ular kobra. Berdasarkan Badan Pusat Statistik setempat, ular kobra di India saat ini mencapai 102 juta ekor atau setara dengan 1/4 populasi manusia yang ada di negara tersebut.

Besarnya populasi ular kobra di India di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena ular kobra disana sangat dilarang untuk dibunuh. Selain itu, kondisi iklim yang sangat cocok menyebabkan ular kobra lebih cepat bereproduksi.

Penemuan ular kobra terbesar di dunia pada tahun 2013 lalu, Modash Singh, seorang petani ubi di India menemukan seekor ular kobra ketika ia tengah menyiangi tanman di kebunnya. Awalnya, ia dikagetkan dengan suara semburan ular dari balik semak belukar yang akan dibersihkannya. Setelah dilihat dengan seksama, suara semburan tersebut berasal dari seekor ular kobra yang ukurannya sempat membuat ia tercengang untuk beberapa saat. Dengan perjuangan yang luar biasa, akhirnya ular kobra tersebut dapat dijinakkan. Setelah diukur, panjang ular ini mencapai 4,5 meter dengan diameter batang mencapai 10-22 cm. Ular ini pun kemudian sempat menjadi pemberitaan media lokal setempat dan akhirnya menarik perhatian World Record untuk menetapkannya sebagai ular kobra terbesar di dunia.

Ular Kobra yang diperkirakan berusia 12 tahun itu, saat ini masih dipelihara oleh Singh dirumahnya, Desa Barlindes di Mumbai, India. Berikut ini merupakan 5 fakta ular kobra terbesar di dunia yang ditemukan oleh Singh tersebut.


1. Porsi Makan Yang Besar

Untuk menjaga agar ular kobra peliharaannya tetap hidup, Singh selalu memberikan seekor ayam hidup kedalam kandang ularnya. Ayam tersebut akan langsung ditelan bulat-bulat serta dicerna dengan sangat cepat. Jika pada umumnya, seekor ular kobra mencerna makanan dalam waktu 3-4 hari, ular kobra Singh hanya membutuhkan waktu kurang dari 12 jam untuk mencerna makanannya.

2. Gigi Yang Besar Dan Kuat Serta Lidah Yang Panjang

Ular kobra yang dimiliki Singh ini sangat besar dan kuat, dua buah taring yang dimilikinya berukuran sebesar kelingking orang India dewasa dan diperkirakan kekuatannya nyaris menyamai kekuatan besi. Lidah ular ini juga sangat panjang, ketika menjulur lidah ini bisa menjangkau hingga jarak 15 cm.

3. Disembah Dan Dianggap Sebagai Jelmaan Dewa Siwa

Ular kobra ini oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai penjelmaan Dewa Siwa yang turun ke bumi. Oleh karena itu, ular ini disembah dan diberi sesaji setiap minggu agar ia membawa peruntungan untuk warga kampung sekitar sehingga tanaman mereka tumbuh subur dengan hasil panen yang melimpah.
Baca juga :
► 10 Tempat Paling Terangker Dan Mengerikan Di Indonesia
► 10 Mobil Sport Termahal Dan Tercepat Di Dunia
► 10 Bencana Terbesar Di Dunia
4. Akrab Dengan Anak-Anak

Selama dipelihara, ular ini belum pernah diberitakan melukai atau menggigit manusia. Oleh karena itu, anak-anak disekitar kampung Singh sangat akrab dan menganggap ular kobra besar ini sebagai teman mereka. Meski terlihat menakutkan, anak-anak disana saat ini sudah terbiasa untuk mengelus kepala ular kobra yang sangat besar ini.
5. Jarang Buang Air

Ular kobra Singh, diketahui sangat jarang buang air besar. Kandangnya selalu bersih dan tidak pernah ditemukan sedikitpun sisa kotoran disana. Ketika akan buang air besar, ular kobra ini terbiasa untuk keluar kandang dan membuang kotorannya di semak belukar sekitar kandang. Ini sangat menakjubkan dan membuat semua orang terheran-heran.

loading...

0 Response to "5 Fakta Ular Kobra Terbesar Di Dunia"

Post a Comment

>> Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !