5 Pesawat Cargo Terbesar Di Dunia

5 Pesawat Cargo Terbesar Di Dunia - Pesawat angkut atau pesawat cargo adalah pesawat yang digunakan untuk pengangkutan barang atau komoditi lainnya. Pada umumnya, pengangkutan cargo dilakukan dijadikan satu dengan pesawat penumpang sipil. Namun dalam perkembangannya, seiring dengan kebutuhan pengiriman cargo yang lebih cepat maka diproduksilah pesawat angkut sendiri yang sering dinamakan dengan freighter karena besarnya permintaan arus barang dan jasa dalam perdagangan. Berikut, merupakan 5 pesawat cargo terbesar di dunia.

1.  Antonov An-124 Ruslan


Adalah pesawat terbang terbesar yang pernah diproduksi sampai Airbus A380 diproduksi. Pertama kali diterbangkan pada tahun 1983, Sertifikasi sipil dikeluarkan 30 Desember 1992 sebanyak 40 dalam pelayanan (26 model sipil dengan maskapai penerbangan dan 10 pesanan perusahaan per Agustus 2006) dan 20 berada di penggunaan komersial pada tahun 1998 di Ukraina, Rusia, Uni Emirat dan Libya.

2. Antonov  An-225 Mriya


 Merupakan pesawat terbesar kedua di dunia yang dibuat oleh perusahaan Antonov juga merupakan pengembangan dari pesawat Antonov An-124. Nama belakang pesawat ini Mpiя (Mriya) yang dalam bahasa Ukraina berarti mimpi atau inspirasi.


Dahulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T. Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek Buran yang tidak dilanjutkan lagi, tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi selama hampir 8 tahun. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya CCCP-82060) sampai sekarang.

3.  Boeing 747 Large Cargo Freighter


Dikenal juga dengan nama Dream Lifter, merupakan pesawat cargo berbadan lebar dan cargo loader terpanjang di dunia. Digunakan khusus untuk mengangkut bagian pesawat Boeing dari pemasok di seluruh dunia.

Boeing Commercial Airplanes mengumumkan pada tanggal 13 Oktober 2003, karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman barang dari darat dan pelayaran laut, angkutan udara adalah metode utama mengangkut suku cadang untuk Boeing 787 Dreamliner (kemudian dikenal sebagai 7E7).


4. Airbus A300-600ST Beluga



Atau dikenal dengan nama Super Transporter (Beluga), merupakan versi dari A300-600 pesawat terbang berbadan besar standar yang dimodifikasi untuk mengangkut bagian-bagian perlengkapan pesawat terbang dan cargo yang kelebihan beban. Pertama kali dinamakan Super Transporter, namun pada akhirnya nama Beluga menjadi populer dan sekarang digunakan secara resmi.
Baca juga :
► 6 Pulau Di Dunia Yang Paling Dilarang Untuk Dikunjungi
► 10 Tempat Terunik Dan Teraneh Di Dunia
► 10 Pasangan Suami Istri Paling Aneh Dan Unik Di Dunia
5. Aero Spacelines Super Guppy


Merupakan pesawat cargo besar berbadan lebar yang digunakan untuk mengangkut komponen cargo. Pesawat ini pengembangan dari pregnant Guppy.

loading...

0 Response to "5 Pesawat Cargo Terbesar Di Dunia"

Post a Comment

>> Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !